Inovasi Anak Muda Di Masa Pandemi Covid

Saat kondisi sedang mengalami penurunan, pendapatan dan uang tunai menjadi fokus utama ketimbang pengeluaran. Yan Rianto, Kepala Pusat Pemanfaatan dan Inovasi LIPI mengungkapkan bahwa perluasan kerja sama dengan berbagai pihak harus terus dilakukan untuk menjaga produktivitas UMKM. Perlu diingat juga, guys, kolaborasi jangan sembarangan memilih influencer yang lagi terkenal aja, ya. Pilihlah orang dan komunitas yang sesuai dengan goal market, sehingga strategi ini bisa membawa segudang manfaat untuk bisnis.

Bahkan, dari sisi kacamata konsumen, inovasi tersebut menjadi alat untuk mengenali produk/jasa. Tentu saja, Anda bisa dengan mudah menjual produk digital tersebut di website Anda sendiri. Selain tidak perlu ada bagi hasil, Anda bebas menentukan mannequin bisnis, tarif dan cara promosinya. Tipsnya, pelajari potensi pasar dan temukan gap of the market, yaitu ranah bisnis yang belum digarap oleh siapapun.

Cara terbaik untuk melakukan solusi ini adalah dengan memasarkan produk di tingkat lokal. Alternatif lainnya, pertimbangkan program bantuan keuangan bisnis kecil untuk membantu menutupi pengeluaran perusahaan. Saat ini, beberapa bank menawarkan bantuan seperti keringanan bunga untuk nasabah yang mengajukan pinjaman. Apapun rencana darurat yang dipilih harus tetap memperhitungkan resiko dan dampak keuangan. Perbaruhi dan lacak perkiraan arus kas secara teratur dan cari peluang untuk mengurangi pengeluaran tidak penting. Jalankan iklan bertarget dengan memanfaatkan layanan dari Google yaitu Google Ads.

Inovasi cara bisnis saat pandemi

Inspirasi bisa datang dari mana saja dan kapan saja tanpa kenal waktu. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan buku catatan kecil di dekat Anda untuk menampung ide-ide yang tiba-tiba menghampiri Anda. Ide-ide tersebut bisa saja muncul saat Anda sedang melamun, bekerja, bahkan ketika sedang di jalan. Dengan menuliskan atau mencatat ide-ide yang datang tentunya akan memudahkan Anda untuk mengembangkannya di kemudian hari dan mengantisipasi jika Anda lupa terkait ide yang muncul tersebut.

Jika Anda menjadi orang yang pertama terjun di bidang tersebut tentu saja Anda akan berpeluang memperoleh peluang usaha yang sangat besar. Dirinya pun mengakui, ketika pandemi Covid-19 mulai merambah Indonesia Maret 2020 lalu Tembak Ikan Terpercaya sempat mengalami penurunan omzet hingga 50%. Namun, Yanuar tidak patah semangat dan terus menyusun strategi agar penurunan omzet teratasi. “Berbagai cara saya lakukan, seperti riset produk cetakan yang diminati pasar.

Berawal dari bisnis rumahan, kini dessert field tersebut sudah memiliki gerai fisik atau cafe yang berada di Kalibata, Kemang, Depok, Bogor, Rawamangun, Sunter, Bali dan Radio Dalam. Misalnya Anda sering bepergian, bukalah jasa titip membelikan produk-produk tertentu dari wilayah yang hendak Anda kunjungi. Jenis produknya pun bisa apa saja, mulai dari pakaian, kosmetik, tas, hingga barang elektronik. Ia menilai, Indonesia sendiri menurut riset Mckensi disebut sebagai the quickest rising country in digital economy. Keberadaan begin up digital tersebut diharapkan dapat memberikan multiplier impact pada pertumbuhan usaha UMKM yang semakin go digital. Tidak dipungkiri lagi, bisnis konvensional memang masih banyak yang kesulitan dalam melakukan adaptasi karena pola kebiasaan masyarakat sendiri masih belum berganti.

Head of Corporate Communication OVO, Harumi Supit mengatakan, inovasi, diversifikasi dan peningkatan kualitas layanan menjadi kunci bagi perusahaan untuk menghadapi pandemi yang terjadi sejak tahun lalu. Belajar di rumah terkadang menimbulkan banyak distraksi yang kita buat sendiri. Hal itu karena ketika belajar daring di rumah memang memiliki suasana yang lebih santai. Jadi, akan lebih baik tidak nyambi melakukan hal lainnya ketika sekolah daring.

Kelesuan ekonomi akibat pandemi COVID-19 memaksa orang mencari ide bisnis kreatif. Tak hanya mengeluh karena kehilangan pekerjaan atau omset usaha yang turun, kita pun bisa menciptakan peluang usaha agar bisa bertahan. Banyak orang yang harus work from home atau kerja di rumah, mahasiswa dan anak sekolah juga belajar online agar terhindar dari virus ini. Kamu bisa mengambil hikmah kejadian ini dengan mengambil peluang usaha, pastinya biar kebutuhan terus terpenuhi saat situasi kritis ini.