Bisnis Properti Unggul Saat Corona, Gimana Caranya?

OJK DIY mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi keuangan, salah satunya untuk menghindari bahaya skimming. Dengan harga murah dan segudang fasilitas yang dikelola secara syariah, membuat apartemen di Solo satu ini sayang jika dilewatkan. Apalagi saat ini Apartemen Al Azhar Icon Solo merupakan salah satu properti yang paling banyak diminati dan dicari di Solo.

Namun, 35% partisipan survei yang dilakukan MarkPlus merasakan bahwa teknologi digital memberikan pengalaman baru bagi mereka dalam mencari informasi. Sedangkan sektor MBR, dengan adanya stimulus dari pemerintah sebesar Rp1,5 triliun yang dimasukkan dalam SSB dan Agen Bola Online SBUM memberikan dampak positif bagi MBR dan juga pengembang untuk bangun rumah murah. Di diskusi yang sama, komisioner BP Tapera Adi Setianto mengungkapkan bahwa penyaluran Tapera akan memberi manfaat untuk para peserta Tapera serta menggerakkan sektor perumahan.

Kondisi ini didukung dengan harga jual Properti yang rendah serta masih tingginya backlog akan rumah oleh masyrakat. Ke depan, REI berharap perbankan dapat meningkatkan penyaluran KPR sehingga mendukung perkembangan properti ke depan. Adapun tips keempat adalah konsumen harus memilih pengembang yang memiliki layanan online.

Maka dari itu, ini adalah momentum yang tepat untuk beli properti meski situasi saat ini yang masih pandemi. Kira-kira untung enggak ya beli properti di masa pandemi Covid-19 seperti ini? Calon konsumen, kata dia, tinggal mengunduh dan memasang aplikasi SiKasep . “Masyarakat sudah dapat mencari rumah subsidi yang tersebar di Indonesia, tinggal menentukan sesuai dengan domisilinya saat ini,” kata dia dalam keterangan resmi yang diterima Tirto. Developer harus bisa menggoda pasar dengan produk yang menarik dan komitmen pengembangan yang pasti sehingga bisa menarik pasar, kata Ali. KPR BRI Virtual ini melibatkan lebih dari 220 developer dengan 330 proyek properti.

Totok mengatakan dari 24 persen kredit modal kerja perusahaan properti terbuka tersebut atau setara Rp12,5 triliun merupakan utang jangka pendek yang perlu ditangani secara cepat. Utang tersebut terus menghantui para pengembang lantaran saat ini pendapatan dari penjualan unit properti baru sangat minim, kata Totok. Salah satu staf pemasaran PT Pembangunan Perumahan Tbk Danang merasakan dampaknya. Bank BRI terus berinovasi untuk memberikan kemudahan dan keamanan layanan perbankan. Terbaru, BRI meluncurkan platform “Digital Saving” yang melayani pembukaan rekening secara digital yang dapat diakses melalui website bukarekening.bri.co.id.

“Selain itu, Pembelian properti, baik perorangan maupun badan usaha yang sumber dananya belum tercatat dalam SPT dikenakan pajak sebesar 5%. Dan selanjutnya dapat dimasukkan ke dalam SPT untuk pelaporan pajak tahun berikutnya,” jelas Totok. Banyak masyarakat yang justru ingin menjual sehingga harganya pun menjadi anjlok hingga 50 persen. Acara diskusi seputar kondisi ekonomi di tengah pandemi Covid-19 yang digelar setiap hari ini ditujukan untuk memberikan solusi bagi pengusaha atas downside dan solusi disaat merebaknya Pandemi.

Bisnis properti saat corona

“Kalau Covid-19 ini reda dengan kapasitas yang cukup aman, semua orang bakal mau gilaan jalan-jalan karena bosan di rumah dan grafik akan naik drastis,” tutur Ruslan. Menjual properti bakal lebih cepat laku kalau harganya bersaing, tetapi punya fasilitas lengkap. Dengan kata lain, properti yang Anda jual lebih punya nilai tambah atau keunggulan dibanding kompetitor dan produk lain.

“Dalam kondisi ini orang akan lihat dari prioritasnya,” ujar Ferry dalam video assembly secara online, Rabu (8/4). “Di tengah pandemi COVID-19 ini, masih terdapat developer yang mampu mencatatkan penjualan dengan cukup baik didukung oleh konsep yang tepat,” kata Andy Natanael. Survei diselenggaran secara triwulanan dengan jumlah responden sebanyak 226 responden. “Sementara investor atau konsumen juga hampir seluruhnya terimbas sehingga butuh fleksibilitas developer untuk melakukan negosiasi,” papar Totok. Namun, kenaikan Harga yang terlihat menjanjikan bagi suplier perumahan, ternyata tidak diikuti dengan peningkatan Penjualan. Penurunan penjualan paling tajam di Bekasi sebesar 56 %, kemudian diikuti Bogor 55,3%, Depok 50,9% dan Cilegon 27,2%.

Selain itu, WEINVEST.ID tidak hanya cocok bagi yang ingin mencari rumah idaman, tetapi juga bagi yang ingin menjadikannya sebagai instrumen investasi. Hal tersebut disebabkan banyak properti yang ditawarkan di sini dan berada di lokasi yang strategis, sehingga dapat meningkatkan nilai capital gain dan yield produk tersebut. WEINVEST.IDsendiri merupakan sebuah platform yang akan membantu menghubungkan Anda dengan investor lainnya yang juga memiliki kendala yang sama, sehingga Anda dan para investor tersebut bisa patungan untuk membeli sebuah properti yang potensial.

Untuk itu, kata Hendro, dalam situasi sekarang ini pergerakan sektor properti dalam negeri harus dioptimalkan. “Sektor informal yang juga ikut terdampak seperti sewa kontrakan, warung untuk para pekerja lapangan. Para pengembang akan dihadapkan dalam sebuah kondisi di mana proyek-proyeknya hanya dapat mengandalkan pasarreal. Pasarrealtidak harus berarti hanyaend-user, karena pasar investor pun dapat menjadi incaran dalam kondisi yang wajar. Sekretaris Perusahaan Alam Sutera Realty , Tony Rudiyanto melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia belum lama ini menyampaikan aktivitas marketing gross sales perusahaan di bulan Januari dan Februari 2020 masih berjalan stabil. Akibat Covid-19 pembangunan properti macet, pengiriman proyek terlambat, dan pembayaran pinjaman tersendat.