Ingin Memulai Bisnis Di Tengah Pandemi? Simak Dulu Strateginya

Jadi customer tetap bisa menggunakan layanan transportasi GrabProtect yang lebih aman dan nyaman dengan harga yang lebih terjangkau. Selama masa PPKM Darurat, para pelanggan juga bisa mendapatkan tarif layanan GrabBike dan GrabCar Protect seperti layanan common Grab. Penyesuaian tarif layanan GrabCar Protect dilaksanakan di sejumlah kota di Indonesia seperti Surabaya, Bali, Mataram, Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, Tarakan, Makassar, Palu, Kendari dan Jayapura .

Untuk pekerja sektor esensial yang harus tetap bekerja di kantor maupun yang bekerja dari rumah, hingga yang ingin memasak makanan sendiri, ataupun langsung pesan ke restoran favorit. “Kami terus berupaya untuk beradaptasi pada setiap perubahan kondisi yang terjadi dan fokus pada peningkatan layanan sesuai kebutuhan nasabah yang terus berkembang. Lomba Togel Simak beberapa inovasi bisnis saat pandemi berikut ini yang dapat dipertimbangkan oleh para pengusaha. Kondisi krisis seperti saat ini menguji kreativitas para pebisnis untuk melakukan inovasi agar usaha mereka tetap bertahan. Perjuangan yang mereka kerahkan cukup berat; mulai dari inovasi produk, pengemasan, hingga pemasaran.

Tidak hanya memikirkan kualitas, tapi juga kuantitas karena semua jadi terbuka dan orang bisa akses dengan mudah. Kita pun sebagai pelaku usaha harus menjaga kesiapan produksi, tegas Cecep. Anda tetap membutuhkan modal untuk membeli dan menyetok barang jualan.

“Buat teman-teman tetap semangat di masa pandemi ini, yang belum punya produk sendiri pun bisa berkolaborasi dengan rekan yang lain, para reseller atau produsen. Kita bisa menghasilkan pundi pundi meski tidak memproduksi barang sendiri, seperti dengan menjadi reseller dan dropshipper,” ungkap Mila sebagai motivasi bagi para pelaku usaha untuk menjalankan bisnis secara online. Pintek merupakan perusahaan teknologi finansial ( Peer-to-Peer Lending ) yang memiliki misi mendorong transformasi pendidikan melalui inovasi layanan keuangan. Pintek menyediakan akses dana untuk pelajar / orang tua murid untuk biaya belajar ( uang pangkal, uang semester, SPP, uang kursus, dsb. ), serta lembaga pendidikan dalam pengembangan fasilitas, pengadaan buku, alat peraga, dsb.

Inovasi cara bisnis saat pandemi

Terlebih jika juga diintegrasikan dengan program sembako murah, sehingga ia meyakini daya beli masyarakat tidak akan tergerus. “Presiden memberikan instruksi, prioritaskan belanja dari UMKM, dari Rp1100 hingga Rp300 triliun bisa dibelanjakan untuk produk-produk UMKM. Kami bekerja sama dengan LKPP, ada e-katalog untuk produk UMKM; kami juga meminta bantuan inkubator Unpad untuk dibantu dalam hal standardisasi, sehingga pengadaan tidak harus melalui tender,” katanya. Selain hal tersebut, menurutnya, terdapat hal lain yang penting untuk disoroti yakni dampak positif dan negatif dari perubahan cara kerja yang dilakukan secara on-line. “Pesan saya tetap semangat, di masa pandemi ini kita diasah kreativitas, tidak ada kesulitan yang tak ada jalan keluarnya. Jangan lupa untuk terus berbagi dan jangan pelit ilmu, karena apa yang kita tabur itu yang kita tuai.

Karena di tengah pandemi kamu tidak bisa berjalan sendiri dan harus saling bergandeng tangan agar bisnis tetap bisa berjalan. Apabila menemui kendala dalam hal modal dan keterampilan, setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan agar tetap bisa berjualan on-line. Pastikan halaman produk dibuat semenarik mungkin agar calon konsumen tertarik untuk membeli produk Anda. Anda bisa berjualan lewat social media seperti Facebook atau Instagram, bisa juga memanfaatkan market yang menyerupai mal on-line.

Sebagai contoh, perkembangan bisnis dunia yang sangat pesat menimbulkan persaingan pasar yang ketat dan alot. Setiap harinya muncul pelaku bisnis yang menghasilkan dan mengenalkan produknya dengan kreativitas dan inovasi baru, sehingga persaingan pun tidak bisa dihindarkan lagi. Jika para pelaku usaha tidak berusaha menjadi diri yang kreatif dan inovatif dalam menghasilkan produknya, maka usahanya akan tergilas oleh kompetitor lain. Sejatinya, manusia yang memegang peran besar dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Manusia yang menjadi motor penggerak semua komponen yang ada di dalam organisasi tersebut, sehingga manusia menjadi ujung tombak dari pengelolaan organisasi secara keseluruhan. Untuk melakukan perubahan ke arah yang positif, maka dibutuhkan manusia-manusia andal yang mampu mencari strategi yang tepat dan unik guna memenangkan persaingan.

Dampak pandemi Covid-19 sendiri tidak dapat diprediksi, sehingga perlu adanya rencana cadangan. Perubahan sistem strategi bisnis bisa saja tidak sesuai dengan kondisi saat ini. Membuat usaha berjalan dengan efisien bukan perkara yang mudah, akan tetapi melakukan perbaikan segera lebih dari pada tidak melakukan pergerakan sama sekali.

Sesuaikan bisnis yang akan dijalankan dengan kemampuan Anda, misalnya memasak hidangan rumahan yang lezat dan menyehatkan. Bila Anda lebih menyasar pekerja yang terpaksa harus bekerja dari rumah, mengolah minuman yang dikemas literan juga dapat menjadi pertimbangan. Jasa desain grafis bisa memiliki peluang bagus untuk diterapkan selama pandemi. Banyak individu atau lembaga yang membutuhkan konten visible untuk berbagai kepentingan. Jika Anda memilikiskillyang mumpuni di bidang ini, Anda bisa menjadikannya peluang sebagai bisnis kecil-kecilan yang menguntungkan. Sampai saat ini, obat atau vaksin untuk menangkal Virus COVID-19 atau COVID-19 belum ditemukan, tetapi sejumlah riset menyebutkan, bahwa dengan menjaga imun tubuh tetap dalam keadaan baik maka Virus COVID-19 atau corona dapat dicegah.

Mungkin beberapa perusahaan tidak memiliki anggaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Pintarlah dan bijaklah dalam memilah uang dan jangan lupa untuk berinvestasi untuk usaha bisnis, tentukan kapan akan berinvestasi dan lakukan dengan secara rutin. Dengan mengatur keuangan seperti ini lah, pemilik usaha bisnis dapat mendapatkan tujuan yang akan diinginkan. Pandemi Covid-19 sangat berdampak buruk terhadap dunia bisnis dan perekonomian. Pemilik usaha bisnis harus bisa mengeluarkan ide atau inovasi baru dalam hal advertising.