Peluang Bisnis Properti Di Tengah Pandemi

Hal ini, menurut dia, mengindikasikan bahwa bisnis properti dengan multiplier effect lebih dari 170 subsektor industri padat karya masih menjadi salah satu penggerak perekonomian nasional dalam masa krisis. Investasi properti yang berbasis pada tanah dan bangunan, walaupun dari tahun ke tahun meningkat—akibat harga tanah yang meningkat akibat kelangkaan—namun bangunan di atasnya secara teoritis memiliki umur. Secara teoritis, bangunan dapat berumur 20, 30, atau 40 tahun, tergantung fungsi, kualitas, dan standar kekokohan bangunan . Investasi properti pun dapat dikatakan sebagai investasi yang bersifat padat modal . Karena semakin besar modal yang ditanamkan dalam properti, relatif semakin besar pula hasil yang didapatkan investasi properti tersebut. Investasi juga sering disebut dengan istilah penanaman modal atau pembentukan modal.

Bisnis properti saat ini

Semula harganya Rp25 juta, banyak yang menjual Rp15 juta, bahkan itu pun tidak laku. “Sekarang merupakan momentum terbaik bagi konsumen dan investor untuk melakukan pembelian properti. Secara umum, bisnis properti memiliki prospek cerah meski di tengah pandemi Covid-19. Ia juga berharap dengan ditemukannya vaksin, dan akan dilaksanakan vaksinasi tentunya harapan di 2021 kondisi ekonomi secara umum akan membaik, termasuk di industri properti. “Juga bagi calon pembeli apartemen tentunya ini akan membantu mereka untuk kemampuan mencicilnya (apabila mereka memakai fasilitas KPR/KPA),” katanya.

Apartemen biasanya sudah dilengkapi dengan gym, kolam renang, roof prime, mini market, dan sebagainya. Untuk memulai bisnis macam ini, Anda tak melulu harus mengurus semuanya sendiri. Kata Bagas, misalnya, penerbangan pribadi menjadi bisnis yang baik jika diperluas lebih besar, akan menghasilkan keuntungan dan kesuksesan yang cukup menjanjikan. Kini, diperlukan inovasi baru yang disesuaikan dengan konsumen masa kini, misalnya membuat nuansa “ again Kong4D to nature”. Dengan begitu, peluang baru tercipta dengan membuat restoran bernuansa alam. Ali mengatakan, vaksin COVID-19 menjadi harapan saat ini untuk dapat memberikan optimisme membaiknya pasar perumahan.

“Orang yang menjual harga tanah di bawah NJOP, berarti properti tidak sedang diminati sebagai investasi,” ujarnya. Terjadi krisis perekonomian sehingga membuat sektor usaha mengalami keterpurukan. “Belilah saat ekonomi sedang menurun karena pengembang butuh banyak uang. Momentum jual beli juga harus tepat,” imbuh dia. Pihaknya akan mengoptimalkan proyek-proyek yang saat ini cukup banyak dan tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Di 2021 diperkirakan harga akan tetap stabil karena banyak pelaku usaha akan berkonsentrasi pada peningkatan quantity daripada harga.

Untuk yang ini, Alim belum bisa mebeberkan seberapa cepat tingkat transaksinya karena programnya masih berlangsung. Yang pasti, “Penjualannya sudah sampai 570 unit.” Walau tidak sefantastis seperti di masa normal yang kerap bought out, Alim bersyukur akan pencapaian tersebut. Dari sisi okupansi, Anton menyebutkan tingkat hunian mal di Jakarta semula diperkirakan bakal terus naik mengikuti tren tahun lalu.

Sedangkan sektor MBR, dengan adanya stimulus dari pemerintah sebesar Rp1,5 triliun yang dimasukkan dalam SSB dan SBUM memberikan dampak positif bagi MBR dan juga pengembang untuk bangun rumah murah. “Ingin membangun bisnis perlu belajar banyak hal termasuk dalam membangun relasi, karena dalam kondisi tertentu kita bisa relay on friend. Yang perlu diingat jangan exspecting orang untuk dapat dipercaya, tetapi harus mulai dari diri sendiri, menjadikan diri dapat dipercaya oleh orang lain. Perusahaan rintisan atau startup di bidang kuliner alias foodtech optimistis dapat mengubah tantangan PPKM Darurat menjadi peluang bisnis. Selain merupakan salah satu kebutuhan hidup, rumah juga dapat menjadi aset dan investasi untuk masa depan. Selain program Vaksinasi Gotong Royong untuk karyawan dan keluarga ini, Grup Astra juga menyediakan fasilitas vaksinasi untuk masyarakat.

Produk rumah murah maupun segmen rumah lainnya dituntut untuk mengedepankan sistem baru yang lebih sesuai. Oleh karena itu, pengembang dituntut untuk bisa berinovasi dan memenuhi permintaan konsumen terkait hal ini. Namun, dengan catatan semua sektor bisnis harus beradaptasi dan terus berinovasi. Itu tadi hal-hal yang perlu Anda persiapkan ketika mengikuti pameran properti. Namun, jangan sampai lupa untuk melakukan comply with up dengan calon klien yang sudah memberikan kontaknya.

BI menetapkan batas maksimal nilai nominal dana untuk penarikan tunai melalui mesin ATM yang menggunakan teknologi chip menjadi Rp20 juta. Investasi emas memiliki risiko rendah karena harganya yang cenderung stabil, mampu melindungi nilai uang dan mudah diperjualbelikan. Padahal banyak pebisnis sukses yang memulai bisnis dengan modal minim. Maka dari itu, ini adalah momentum yang tepat untuk beli properti meski situasi saat ini yang masih pandemi. Kira-kira untung enggak ya beli properti di masa pandemi Covid-19 seperti ini? “Terobosan keempat adalah developer perlu membebaskan biaya akad kredit notaris, termasuk di dalamnya biaya AJB , membayar pajak pembeli BPHTB, serta proses balik nama,” ujar Agus.

Alasan lainnya, karena kebanyakan purchaser untuk segmen ini didominasi oleh end-user, bukan untuk Investasi. Berbeda dengan segment property Harga di atas 1 Milyar yang kebanyakan buyernya adalah Investor. Meskipun untuk segment yang terakhir ini juga sangat terpengaruh oleh Pandemic Covid19 karena turunnya pertumbuhan dan terjadinya perlambatan ekonomi. Jadi, jika Anda memiliki uang tunai dan ingin menempatkan uang Anda untuk diinvestasikan, satu opsi investasi untuk dipertimbangkan adalah menjalani bisnis properti.